Profil dan Perjalanan Yann Sommer, Kiper Tangguh Asal Swiss
Profil dan Perjalanan Yann Sommer, Kiper Tangguh Asal Swiss

Yann Sommer adalah seorang penjaga gawang Swiss yang saat ini bermain untuk klub Serie A, Inter Milan, dan juga mewakili tim nasional Swiss. Sommer memulai karirnya di Basel, di mana ia meraih gelar Swiss Super League dalam empat musim berturut-turut sebelum pindah ke Borussia Mönchengladbach pada tahun 2014. Selama sembilan tahun di Mönchengladbach, Sommer juga memenangkan Swiss Challenge League dan dua Piala Sepak Bola Liechtenstein saat dipinjamkan ke Vaduz.

Sommer melakukan debutnya untuk tim nasional Swiss pada tahun 2012. Ia telah mewakili negaranya dalam Piala Dunia FIFA pada tahun 2014, 2018, dan 2022, serta Kejuaraan Eropa UEFA pada tahun 2016 dan 2020.

Di klub, Sommer memulai karirnya di Basel. Ia bergabung dengan akademi Basel pada tahun 2003 dan menandatangani kontrak profesional pertamanya pada tahun 2005. Sommer kemudian dipinjamkan ke Vaduz untuk mendapatkan pengalaman bermain di tim utama. Ia berhasil membantu Vaduz promosi ke Swiss Super League dan bermain 33 pertandingan selama musim 2007-2008. Setelah itu, Sommer kembali ke Basel dan membuat debutnya di Super League pada tahun 2009. Ia juga dipinjamkan ke Grasshoppers selama satu musim sebelum akhirnya kembali ke Basel dan menjadi penjaga gawang utama setelah kepergian Franco Costanzo.

READ  Dukungan Moril Harry Maguire Kepada Erik Ten Hag Mengenai Pemecatan

Di Basel, Sommer meraih banyak kesuksesan. Ia memenangkan tiga gelar liga berturut-turut dan menjadi bagian dari tim yang mencapai semifinal Liga Europa pada musim 2012-2013. Sommer juga tampil di Liga Champions UEFA dan membantu Basel lolos ke babak 16 besar Liga Europa pada musim 2013-2014. Selama karirnya di Basel, Sommer tampil dalam total 170 pertandingan dan mencatatkan 65 clean sheet.

Pada tahun 2014, Sommer pindah ke Borussia Mönchengladbach dan menandatangani kontrak lima tahun. Ia menjadi penjaga gawang utama klub tersebut dan terus menunjukkan performa yang mengesankan. Sommer menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di Bundesliga dan terus membantu Mönchengladbach bersaing di papan atas.

Prestasi dan pengalaman Sommer di level klub dan internasional menunjukkan kualitasnya sebagai seorang penjaga gawang yang handal. Dengan kemampuannya yang luar biasa dalam mengamankan gawang dan menghadapi tekanan, Sommer merupakan aset berharga bagi Inter Milan dan tim nasional Swiss.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here