Kiprah dan Sejarah Thomas dan Uber Cup, Turnamen Bulu Tangkis Beregu Dunia
Kiprah dan Sejarah Thomas dan Uber Cup, Turnamen Bulu Tangkis Beregu Dunia

Thomas Cup dan Uber Cup, juga dikenal sebagai Piala Thomas dan Piala Uber, merupakan turnamen bulu tangkis beregu putra dan putri tertua serta bergengsi di dunia. Kedua ajang ini diselenggarakan oleh BWF (Federasi Bulu Tangkis Dunia).

Thomas Cup dan Uber Cup diadakan sekali setiap dua tahun. Kedua turnamen ini dianggap sebagai salah satu yang terbesar dan paling prestisius dalam dunia bulu tangkis, dengan banyaknya pemain terkenal yang turut serta.

Pada tahun 2024, Thomas Cup akan menyelenggarakan edisi ke-33, sementara Uber Cup akan menyelenggarakan edisi ke-30. Kedua turnamen ini akan berlangsung di Chengdu High-tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, dari tanggal 28 April hingga 5 Mei 2024.

Para pemain bulu tangkis Indonesia akan berusaha keras untuk memenangkan Piala Thomas dan Piala Uber. Berikut adalah sejarah singkat Thomas Cup dan Uber Cup, yang merupakan dua turnamen beregu bulu tangkis paling bergengsi di dunia.

READ  Mengenal dan Sejarah Tenis Lapangan Hingga Saat Ini

Sejarah Thomas Cup atau Piala Thomas

Thomas Cup, atau Piala Thomas, pertama kali dikonseptualisasikan oleh Sir George Alan Thomas pada tahun 1939. Thomas adalah mantan Presiden IBF (International Badminton Federation), yang kini dikenal sebagai BWF (Badminton World Federation).

Thomas Cup pertama kali diadakan di Preston, Inggris, pada tahun 1949. Saat itu, hanya tiga negara yang berpartisipasi, yaitu Malaya (sekarang Malaysia), Denmark, dan Amerika Serikat. Malaya keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan Denmark di final dengan skor 8-1.

Sejarah Uber Cup atau Piala Uber

Uber Cup, atau Piala Uber, diperkenalkan oleh Betty Uber, seorang aktivis bulu tangkis asal Inggris. Uber terinspirasi oleh Thomas Cup dan ingin menciptakan sebuah turnamen yang khusus untuk pemain putri.

Piala Uber pertama kali diadakan di Lancashire, Inggris, pada tahun 1957. Sebanyak 11 negara berpartisipasi, dan Amerika Serikat keluar sebagai juara pertama setelah mengalahkan Denmark di final dengan skor 6-1.

READ  Daftar Negara Kolektor Trofi Piala Thomas Terbanyak Sepanjang Sejarah

Pelaksanaan Thomas Cup dan Uber Cup

Awalnya, Thomas Cup diadakan setiap tiga tahun sekali. Namun, sejak tahun 1982, turnamen ini diadakan setiap dua tahun sekali. Awalnya, hanya delapan tim yang berpartisipasi, tetapi sekarang lebih dari 30 tim dari berbagai negara bersaing untuk menjadi juara.

Sementara itu, awalnya Uber Cup juga diadakan setiap tiga tahun sekali. Namun, sejak tahun 1984, turnamen ini diadakan setiap dua tahun sekali, mengikuti format Thomas Cup. Seperti halnya Thomas Cup, kini lebih dari 30 tim dari berbagai negara bersaing untuk memenangkan gelar juara di turnamen ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here