Profil dan Perjalanan Erling Braut Haaland, Penyerang Tangguh Asal Inggris
Profil dan Perjalanan Erling Braut Haaland, Penyerang Tangguh Asal Inggris

Erling Braut Haaland adalah seorang pemain sepak bola Norwegia yang lahir pada 21 Juli 2000. Dia mengisi posisi sebagai striker untuk klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, serta untuk tim nasional Norwegia. Haaland memulai karirnya dengan bergabung dalam akademi sepak bola Bryne di Norwegia, sebelum kemudian lulus dari akademi Molde.

KARIR KLUB

Bryne 2

Pada musim 2015–16, Haaland bermain untuk tim cadangan Bryne dan menunjukkan performa mengesankan, dengan mencetak delapan belas gol dalam empat belas pertandingan.

Bryne

Debutnya di divisi kedua 1. Divisjon terjadi pada 12 Mei 2016 dalam pertandingan melawan Ranheim.

Molde 2

Pada 1 Februari 2017, Haaland, yang saat itu berusia 16 tahun, resmi bergabung dengan Molde. Debutnya untuk klub terjadi pada 26 April dalam pertandingan Piala Norwegia melawan Volda TI, di mana ia langsung mencetak gol dalam kemenangan 3-2.

READ  Profil dan Biografi Leny Yoro : Posisi, Tinggi, Statistik

Molde

Debut Haaland di Eliteserien terjadi pada 4 Juni, saat ia masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-71 melawan Sarpsborg 08. Dalam waktu hanya enam menit bermain, ia berhasil mencetak gol kemenangan untuk Molde pada menit ke-77, menjadikannya gol pertamanya di liga.

Haaland menjadi pencetak gol terbanyak Molde pada musim 2018, dengan mencetak enam belas gol dalam tiga puluh pertandingan di semua kompetisi.

RB Salzburg

Pada 19 Agustus 2018, Red Bull Salzburg mengumumkan bahwa Haaland akan bergabung dengan klub pada 1 Januari 2019, dengan menandatangani kontrak selama lima tahun. Debutnya untuk klub terjadi pada 17 Februari dalam perempat final Piala Austria 2018-19 melawan Wiener Neustadter.

Borussia Dortmund

Pada 29 Desember 2019, Borussia Dortmund mengonfirmasi penandatanganan Haaland dengan biaya yang dilaporkan mencapai € 20 juta. Haaland melakukan debutnya untuk Dortmund pada 18 Januari 2020, dengan mencetak hat-trick dalam kemenangan 5-3 melawan FC Augsburg. Dia menutup musim 2019–20 dengan 44 gol dalam 40 penampilan klub di semua kompetisi yang dimainkan untuk Salzburg dan Dortmund.

READ  Beberapa Negara Mengukir Sejarah Prestasi Terbesar di Piala Euro

Pada 21 November 2020, Haaland mencetak empat gol dalam 32 menit dari kemenangan 5-2 melawan Hertha BSC. Pada 17 Februari, dia mencetak dua gol dan memberikan satu assist dalam kemenangan 3-2 Dortmund melawan Sevilla di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Haaland kemudian mencetak dua gol lagi melawan Sevilla dalam pertandingan leg kedua pada 9 Maret, saat Dortmund bermain imbang 2–2 dan melaju ke perempat final Liga Champions dengan agregat 5–4.

Haaland memulai musim 2021–22 dengan hat-trick melawan Wehen Wiesbaden di putaran pertama DFB-Pokal pada 7 Agustus 2021. Seminggu kemudian, pada matchday satu Bundesliga, ia mencetak dua gol dan memberikan dua assist saat Dortmund mengalahkan Eintracht Frankfurt 5-2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here