Beberapa Lima Duel Final Euro Terbaik Sepanjang Sejarah
Beberapa Lima Duel Final Euro Terbaik Sepanjang Sejarah

Selama sejarah Euro yang telah digelar sejak tahun 1960, telah ada belasan final yang menjadi momen-momen epik. Berikut adalah lima final terbaik sepanjang sejarah turnamen Euro:

Denmark vs Jerman Barat (Euro 1992)

Pertandingan ini menjadi sangat mengejutkan karena Denmark, bukanlah tim unggulan, bahkan mereka sebenarnya tidak memiliki hak untuk berpartisipasi dalam turnamen tersebut. Namun, setelah Yugoslavia didiskualifikasi, Denmark menggantikannya dan berhasil mengalahkan Jerman Barat dengan skor 2-0 di final. Kemenangan ini juga cukup kontroversial karena Denmark menggunakan taktik backpass yang membuat Jerman Barat kesulitan.

Cekoslovakia vs Jerman Barat (Euro 1976)

Pertandingan ini menjadi legendaris karena Cekoslovakia yang dianggap tidak diunggulkan, berhasil unggul 2-0 lebih dulu. Meskipun Jerman Barat berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti. Aksi legendaris Antonin Panenka dengan tendangan penalti yang mengelabui kiper Jerman Barat, membuat Cekoslovakia meraih gelar juara.

READ  Profil dan Perjalanan Karir Artem Dovbyk, Si Tajam dari Ukraina

Portugal vs Yunani (Euro 2004)

Pertandingan ini dijuluki sebagai duel David melawan Goliath. Portugal, yang diunggulkan, dikalahkan oleh Yunani yang dianggap sebagai tim underdog. Gol tunggal Angelos Charisteas membuat Yunani meraih gelar Euro pertama mereka, sementara Portugal harus menerima kekalahan di kandang sendiri.

Belanda vs Uni Soviet (Euro 1988)

Pertandingan ini menjadi monumental bagi Belanda karena mereka meraih gelar internasional pertama mereka. Gol Ruud Gullit dan tendangan voli spektakuler Marco van Basten membuat Belanda mengalahkan Uni Soviet dengan skor 2-0. Gol van Basten dianggap sebagai salah satu gol terbaik sepanjang sejarah turnamen Euro.

Spanyol vs Italia (Euro 2012)

Pertandingan ini menjadi penutup yang sempurna bagi dominasi Spanyol di kancah sepak bola internasional. Spanyol, yang sebelumnya berhasil meraih gelar Piala Dunia 2010, tampil mengesankan dengan mengalahkan Italia 4-0 di final Euro 2012. Gol dari David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata membawa Spanyol meraih gelar Euro kedua mereka secara beruntun.

READ  Profil dan Perjalanan Karir Julian Nagelsmann dalam Sepak Bola

Kelima final tersebut tidak hanya menjadi momen bersejarah dalam sejarah turnamen Euro, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here