Profil dan Perjalanan Bukayo Ayoyinka T. M. Saka, Gelandang Tangguh Asal Inggris
Profil dan Perjalanan Bukayo Ayoyinka T. M. Saka, Gelandang Tangguh Asal Inggris

Bukayo Ayoyinka T.M Saka, atau yang lebih dikenal sebagai Bukayo Saka, lahir di Ealing, Inggris pada 5 September 2001 (20 Tahun). Ia adalah seorang pemain sepak bola profesional yang serbaguna, dapat bermain sebagai pemain sayap, bek kiri, atau gelandang untuk klub Premier League, Arsenal, dan juga untuk Tim Nasional Inggris. Meskipun usianya masih muda, Saka telah dikenal sebagai salah satu pemain muda terbaik di dunia.

Sebelum bergabung dengan Arsenal, Saka bermain sepak bola remaja untuk klub lokal Greenford Celtic. Orang tuanya beremigrasi ke London dari Nigeria sebagai migran ekonomi. Nama “Bukayo” berasal dari bahasa Yoruba yang diucapkan di Nigeria selatan, yang berarti “menambah kebahagiaan”.

KARIER KLUB

Arsenal (2020-2021)

Pada 29 Agustus 2020, Saka tampil dalam starting 11 dan mencatatkan assist di FA Community Shield 2020. Berkat penampilannya yang luar biasa pada Desember 2020, ia kemudian terpilih sebagai Pemain Terbaik Bulan Ini di situs resmi Arsenal. Saka kembali terpilih sebagai Player of the Month pada bulan Januari, setelah mencetak tiga gol dan memberikan satu assist dalam enam penampilan di semua kompetisi, di mana salah satu golnya melawan West Brom terpilih sebagai runner-up Goal of the Month Arsenal. Pada 6 Maret 2021, Saka membuat penampilan ke-50 di Liga Premier untuk Arsenal dalam hasil imbang 1-1 melawan Burnley; dia adalah pemain termuda kedua dalam sejarah klub yang mencapai tonggak sejarah itu. Dia menyelesaikan musim dengan tujuh gol dan tujuh assist dalam 46 penampilan di semua kompetisi, sementara ia juga terpilih sebagai Pemain Terbaik Arsenal, setelah berada di urutan ketiga musim sebelumnya. Dia juga masuk dalam daftar pendek untuk Pemain Muda PFA Musim Ini.

READ  Profil Lengkap Ethan Wheatley | Local Pride Calon Mesin Gol Masa Depan Manchester United

KARIER INTERNASIONAL

2017-2018: England U17
2018-2019: England U18
2018-2019: England U19
2020-Sekarang: Tim Nasional Inggris

Pada Mei 2018, Saka masuk dalam skuad U-17 Inggris saat mereka menjadi tuan rumah Kejuaraan U-17 Eropa UEFA 2018. Pada September 2018, ia mencetak gol kemenangan untuk tim Inggris U-18 dalam pertandingan tandang melawan Prancis. Pada 4 September 2020, Saka melakukan debutnya untuk Inggris U21 saat menang 6-0 atas Kosovo. Pada 1 Oktober, Saka dipanggil ke skuad senior Inggris untuk pertama kalinya, dan melakukan debut internasionalnya sebagai salah satu starter dalam kemenangan 3-0 atas Wales. Setelah bermain empat kali untuk Inggris, Saka kini terikat dengan Inggris secara internasional dan tidak bisa lagi mewakili Nigeria. Pada 1 Juni 2021, ia masuk dalam skuad 26 pemain untuk UEFA Euro 2020. Pada 2 Juni, dalam pertandingan persahabatan melawan Austria, Saka mencetak gol internasional senior pertamanya, satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0. Dia juga menjadi starter dalam pertandingan penyisihan grup Euro 2020 ketiga Inggris pada 22 Juni melawan Republik Ceko, dan dinobatkan sebagai “man of the match”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here