Sejarah dan Kiprah Klub Sampdoria di Liga Italia
Sejarah dan Kiprah Klub Sampdoria di Liga Italia

Unione Calcio Sampdoria, yang biasa dikenal sebagai Sampdoria, merupakan klub sepak bola profesional Italia yang bermarkas di Genoa. Klub ini terbentuk pada tahun 1946 dari penggabungan dua klub olahraga pada era 1940-an, yaitu Sampierdarenese dan Andrea Doria.

Sampdoria mengadopsi kombinasi warna putih, biru, merah, dan hitam yang berasal dari asal-usulnya sebagai hasil dari penggabungan antara Sampierdarenese yang mengenakan seragam merah-hitam dan Andrea Doria yang mengenakan seragam putih-biru, dengan perisai berlambang salib Saint-George.

Stadion kandang Sampdoria adalah Stadio Luigi Ferraris yang memiliki kapasitas 36.536 penonton dan juga dibagikan dengan klub sepak bola Genoa Cricket and Football Club. Pasca Perang Dunia, klub ini bermukim di Stadio Luigi Ferraris yang juga menjadi markas bagi Genoa.

Sampdoria bergabung dalam kompetisi Kejuaraan Sepak Bola Italia pada tahun 1903, tetapi baru meraih kemenangan pertama dalam turnamen pada tahun 1907 dengan mengalahkan rival lokal mereka, Genoa. Keberhasilan mulai terlihat pada musim 1910–11 ketika mereka finis di atas Juventus, Internazionale, dan Genoa di wilayah Piedmont-Lombardy-Liguria.

READ  Profil dan Perjalanan Karir Artem Dovbyk, Si Tajam dari Ukraina

Sejarah kejayaan Sampdoria mencapai puncaknya pada tahun 1991 ketika mereka meraih gelar Scudetto untuk pertama kalinya. Mereka juga telah memenangkan Coppa Italia sebanyak empat kali (1985, 1988, 1989, dan 1994) serta Supercoppa Italiana pada tahun 1991. Pada tahun 1992, Sampdoria mencapai final Piala Eropa, tetapi harus mengakui keunggulan Barcelona.

DATA KLUB SAMPDORIA

  • Nama lengkap: Unione Calcio Sampdoria
  • Julukan: I Blucerchiati, La Samp, atau Il Doria
  • Didirikan: 12 Agustus 1946
  • Stadion: Stadio Luigi Ferraris
  • Kapasitas: 36.536
  • Pemilik: Marco Lanna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here