Profil dan Biodata Serta Perjalanan Elkan Baggott, Bintang Timnas Indonesia
Profil dan Biodata Serta Perjalanan Elkan Baggott, Bintang Timnas Indonesia

Elkan Baggott telah menorehkan prestasi gemilang bersama Gillingham di ranah sepak bola Inggris, menjadikannya pemain Indonesia pertama yang bermain di kompetisi profesional di bawah naungan Negeri Ratu Elizabeth.

Sebagai tonggak bersejarah, Baggott menjadi pemain Indonesia pertama yang berlaga di Piala FA dan Carabao Cup, serta yang menghadapi klub Premier League dalam kompetisi resmi.

Di usia muda 20 tahun, pencapaiannya telah luar biasa. Baggott sedang menapaki jalur yang tepat menuju karier yang cemerlang, bahkan mungkin menjadi legenda sepak bola Indonesia di masa depan.

Latar belakang keluarga Elkan Baggott sangat menarik. Ia adalah keturunan Indonesia yang lahir di Thailand. Meski lahir di Thailand, Baggott lebih banyak menghabiskan masa kecilnya di Inggris, tempat ia memulai karier sepak bola bersama akademi Ipswich Town sejak 2017.

READ  Profil dan Perjalanan Karir Indra Sjafri dalam Sepak Bola

Baggott masih tercatat sebagai pemain Ipswich, tetapi dipinjamkan ke klub Liga Dua Inggris, Gillingham FC.

Meskipun memiliki opsi untuk memilih membela Inggris atau Thailand karena keturunannya, Baggott dengan yakin memilih untuk membela Timnas Indonesia. Ia merasa bangga bisa mewakili negara asal ibunya.

Alasan lain yang membuat Baggott memilih Timnas Indonesia adalah militansi suporter sepak bola Tanah Air yang membuatnya terpukau.

Baggott bukanlah pemain naturalisasi; ia memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di bawah usia 20 tahun. Ia bahkan sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia setelah proses pembuatan pada 9 November 2021.

Debutnya bersama Timnas Indonesia terjadi pada 16 November 2021 dalam laga uji coba melawan Afganistan. Sejak itu, Baggott telah mencatatkan 12 caps dan mencetak dua gol untuk Tim Merah-Putih.

READ  Profil dan Karir Maarten Paes, Kiper Naturalisasi Timnas Indonesia

Baggott, yang memiliki tinggi 194 cm, saat ini bermain di Liga Keempat Inggris bersama Gillingham. Dengan usianya yang masih sangat muda, diharapkan Baggott dapat meraih kesuksesan lebih tinggi di sepak bola Inggris, termasuk bermain di level Premier League.

Peluangnya untuk bermain di Premier League belum tertutup, terutama karena statusnya sebagai pemain home grown di Inggris. Baggott telah dikontrak Ipswich Town sejak 2019 dan telah tiga tahun bersama klub tersebut, sehingga memenuhi syarat sebagai pemain home grown.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here