Sejarah Klub Southampton Klub Sepak Bola Profesional Liga Inggris
Sejarah Klub Southampton Klub Sepak Bola Profesional Liga Inggris

Southampton Football Club merupakan klub sepak bola profesional Inggris yang berpusat di Southampton, Hampshire, dan saat ini bermain di Liga Premier Inggris. Sebagai salah satu anggota pendiri Liga Premier, Southampton telah menjalani sebagian besar sejarahnya di papan atas sejak promosi pertama mereka pada tahun 1966.

Sejak tahun 2001, markas mereka adalah St Mary’s Stadium, setelah sebelumnya bermarkas di The Dell. Dengan kapasitas 32.689, stadion ini merupakan salah satu dari sedikit stadion di Eropa yang memenuhi kriteria Bintang Empat UEFA, dan telah menjadi tuan rumah sejumlah pertandingan internasional.

Klub ini telah dijuluki “The Saints” sejak didirikan pada tahun 1885, karena sejarahnya sebagai tim sepak bola gereja yang didirikan sebagai Asosiasi Pemuda Gereja Inggris St. Mary, dan sering kali memainkan pertandingan dengan menggunakan seragam merah-putih. Pada awal karir Liga mereka, Southampton menandatangani beberapa pemain baru dengan kontrak profesional, termasuk Charles Baker, Alf Littlehales, dan Lachie Thomson dari Stoke serta Fred Hollands dari Millwall. Setelah memenangkan gelar Liga Selatan pada tahun 1896-97, klub tersebut menjadi perusahaan terbatas dan berganti nama menjadi Southampton F.C.

READ  Lamine Yamal: Bintang Muda Barcelona dan Masa Depan Sepak Bola Spanyol

Periode terpanjang dalam sejarah klub terjadi selama 27 musim antara tahun 1978 dan 2005. Puncaknya adalah saat Southampton menjadi Runner-up Premiere League pada musim 1983-84. Mereka juga meraih berbagai prestasi seperti memenangkan Piala FA pada tahun 1975, Liga Sepak Bola Divisi Ketiga pada tahun 1959, dan berbagai kejuaraan liga domestik lainnya.

DATA KLUB SOUTHAMPTON

  • Nama lengkap: Southampton Football Club
  • Julukan: The Saints
  • Didirikan: 21 November 1885
  • Stadion: St Mary’s Stadium
  • Kapasitas: 32.384
  • Pemilik: Sport Republic

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here