Hasil Euro 2024 18 Juni 2024 Prancis, Belgia, Rumania Puncaki Klasemen!
Hasil Euro 2024 18 Juni 2024 Prancis, Belgia, Rumania Puncaki Klasemen!

Hasil Euro 2024 Austria vs Prancis: Skor 0-1

Prancis harus bekerja keras untuk menundukkan perlawanan alot Austria dengan skor 1-0 pada matchday 1 Grup D Euro 2024, Selasa 18 Juni 2024 dini hari WIB. Dimainkan di Dusseldorf Arena, pertandingan ini memang diprediksi berlangsung ketat. Prancis menjadi salah satu unggulan juara di turnamen kali ini, tapi Austria bisa menjadi lawan yang merepotkan.

Satu-satunya gol Prancis kali ini datang dari own goal Maximillian Wober di menit ke-38. Austria bahkan menciptakan beberapa peluang berbahaya, sayangnya tidak bisa menjadi gol. Kemenangan tipis 1-0 ini sudah cukup mengantar Prancis ke peringkat dua klasemen sementara Grup D Piala Eropa 2024, tertinggal di bawah Belanda yang unggul jumlah gol.

Jalannya Pertandingan Austria vs Prancis

Pertandingan dimulai dengan gebrakan dari Prancis. 10 menit pertama, serangan-serangan cepat Prancis membuat Austria kelimpungan, beruntung mereka masih bisa menjaga gawang tidak sampai kebobolan. Austria masih belum bisa keluar dari area pertahanan sendiri. Prancis terus mengurung Austria hingga 30 menit laga berjalan. Bahkan sudah ada dua kartu kuning untuk pemain Austria yang menghentikan paksa pergerakan Ousmane Dembele.

Menit ke-36, Austria hampir mengejutkan publik Dusseldorf Arena. Kerasi serangan Austria sangat baik, Sabitzer lantas melanjutkan bola untuk Baumgartner yang sayangnya masih tidak bisa menembak akurat. Menit ke-38, Prancis mencetak gol penentu. Pergerakan Mbappe di kotak penalti diteruskan dengan umpan lambung yang nahasnya disundul Wober ke gawang sendiri. Gol! Austria 0-1 Prancis.

Prancis masih menjaga dominasi yang sama di babak kedua. 10 menit pertama berlalu dengan cepat. Austria bertahan, tapi siap menyerang balik. Menit ke-55, Mbappe melewatkan peluang terbaiknya di laga ini. Satu lawan satu dengan kiper, tembakan Mbappe justru melebar ke sisi kanan gawang lawan. Skor tetap 0-1.

Austria merespons dengan beberapa pergantian pemain di pertengahan babak kedua. Mereka tertinggal, tapi harapan untuk mencetak gol balasan masih ada. 70 menit laga berjalan. Memasuki 10 menit akhir, Prancis mulai bermain untuk mempertahankan skor. Austria melakukan segala cara untuk balas menyerang, tapi pemain-pemain Prancis memancing pelanggaran dengan sangat baik. Tidak ada gol tambahan hingga peluit panjang dibunyikan. Skor 1-0 untuk kemenangan Prancis.

Hasil Euro 2024 Belgia vs Slovakia: Skor 0-1

Timnas Belgia dibuat bertekuk lutut oleh Timnas Slovakia di matchday 1 Grup E Euro 2024 di Frankfurt Arena, Senin (17/06/2024) malam WIB. Pertandingan ini berjalan menarik karena kedua tim saling adu serangan. Slovakia tampil solid dan bisa menyulitkan Belgia. Sempat ada dua gol yang dianulir, dan semuanya dihasilkan Romelu Lukaku. Gol Slovakia sendiri dihasilkan oleh Ivan Schranz. Hasil ini membuat Slovakia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup E Euro 2024. Sementara itu Belgia ada di peringkat tiga.

READ  UEFA Euro 2024: Turnamen Sepak Bola Terbesar di Eropa

Jalannya Pertandingan Belgia vs Slovakia

Pada menit ketiga peluang emas langsung didapat oleh Belgia. Mereka menyerang dari kanan melalui aksi Doku, yang setelah masuk ke kotak penalti memberikan umpan pada Kevin De Bruyne. Alih-alih menembak, ia langsung membelokkan bola kepada Lukaku. Namun, sayang bola tembakan pemain gempal ini masih bisa dimentahkan kiper Slovakia, Dubravka.

Namun, Slovakia kemudian membuat kejutan. Pada menit ketujuh, mereka bisa mencuri gol melalui Ivan Schranz. Mulanya, Doku melakukan blunder di lini pertahanan karena salah memberikan operan. Bola akhirnya ditendang ke gawang tapi bisa diblok Casteels. Bola muntah disambar tembakan Ivan. 0-1!

Belgia kemudian coba mencetak gol balasan. Doku mendapat ruang menembak dengan kaki kirinya pada menit ke-16. Tapi bola bisa diblok oleh Skriniar. Menit ke-36, De Bruyne mengirim umpan dari sisi kanan ke tengah kotak penalti. Bola disambut tandukan Onana tapi lajunya terlalu lemah dan bisa ditangkap dengan mudah oleh Dubravka.

Pada menit ke-39, peluang emas didapat Slovakia. Haraslin melepas tembakan keras dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti usai mendapat umpan silang dari flank kanan. Tapi bola dengan spektakuler masih bisa ditepis Casteels. Pada akhirnya, tak ada gol tambahan sampai turun minum. Belgia 0-1 Slovakia.

Di babak kedua, Belgia langsung bermain agresif. Namun, Slovakia juga tak mau diam saja ditekan sang lawan. Belgia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-56. Romelu Lukaku menjebol gawang Slovakia usai mendapat umpan tandukan dari Onana. Sayangnya, gol itu akhirnya dianulir wasit setelah dari tayangan ulang VAR, Lukaku terdeteksi terjebak offside.

Menit ke-58, Belgia mengancam dari tembakan keras Trossard dari luar kotak penalti. Tapi bola masih bisa diblok Dubravka. Menit ke-61, peluang kembali didapat Belgia dari sepakan Bakayoko setelah terjadi kemelut di kotak penalti Slovakia. Namun, Hancko bisa melakukan blok sebelum bola melewati garis gawang.

Belgia kemudian mencoba mengganti taktiknya. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-88. Lukaku berhasil menjebol gawang Slovakia usai mendapat umpan tarik dari Lois Openda. Namun, wasit menganulir gol tersebut. Sebab dalam tayangan dari VAR, Openda melakukan handball sebelum memberikan assist. Belgia kemudian berusaha keras mencetak gol penyeimbang. Namun mereka tak kunjung mendapat apa yang mereka cari sampai laga berakhir. Slovakia pun menang 1-0.

Hasil Euro 2024 Rumania vs Ukraina: Skor 3-0

Timnas Ukraina dipermalukan oleh Timnas Rumania di laga matchday 1 Grup E Euro 2024 di Allianz Arena, Senin (17/06/2024) malam WIB. Pertandingan ini berlangsung dengan menarik. Rumania bermain dengan apik dan mampu menyulitkan Ukraina. Gol-gol Rumania dicetak tiga pemain berbeda. Mereka adalah Nicolae Stanciu, Razvan Marin, dan Denis Dragus. Hasil ini membawa Rumania ke pucuk klasemen sementara Grup E Piala Eropa 2024. Sementara itu Ukraina tentunya terpuruk di dasar klasemen.

READ  Hasil Copa America 2024 3 July: Brasil 1-1 Kolombia

Jalannya Pertandingan Rumania vs Ukraina

Babak pertama dimulai dengan intensitas cukup tinggi. Ukraina dan Rumania saling adu serangan. Serangan Rumania sendiri terlihat cukup menjanjikan ketimbang Ukraina. Namun, dalam setengah jam pertama, tak ada peluang nyata yang dihasilkan kedua tim. Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-29. Berawal dari kesalahan kiper Ukraina yakni Lunin, bola yang ia buang mengarah ke pemain Rumania, Man, tak jauh dari kotak penalti.

Bola kemudian dioper pada Nicolae Stanciu yang bergerak mendekati kotak penalti dari tengah lapangan. Ia langsung melepas tembakan keras kaki kanan dan membuat bola melengkung dan masuk ke sisi kanan gawang. 1-0!

Menit ke-39, Rumania hampir mencetak gol sensasional. Saat itu mereka mendapat sepak pojok di sisi kanan gawang lawan. Bola ternyata langsung diarahkan ke tiang jauh oleh Stanciu. Lunin gagal menghalaunya tapi untung bola cuma membentur mistar gawang. Setelah itu tak ada gol tambahan yang tercipta sampai turun minum. Rumania 1-0 Ukraina.

Di babak kedua, Rumania tak mau cari aman. Mereka berusaha menekan pertahanan Ukraina secepat mungkin. Ukraina kemudian bisa meredam permainan Rumania. Lunin dkk mulai bisa mengurung pertahanan sang lawan.

Namun, Rumania bisa mencuri gol lagi pada menit ke-53. Dari serangan balik, Razvan Marin sukses menjebol gawang Lunin dengan tendangan keras dari luar kotak penalti. Ia menyambar bola yang lepas dari penguasaan rekannya. 2-0!

Skor tersebut tak bertahan lama. Pada menit ke-57, Rumania kembali membobol gawang Ukraina dari situasi sepak pojok. Bola yang dioper pendek kemudian dibawa masuk ke kotak penalti oleh Man. Ia kemudian melepas umpan matang ke tengah kotak penalti ketimbang melepas tembakan. Bola langsung dibelokkan ke gawang oleh Denis Dragus. 3-0!

Setelah itu, Ukraina mencoba melakukan pergantian taktik. Namun mereka sudah tampak sedikit frustrasi. Ukraina kemudian terus mencoba menekan pertahanan sang lawan. Tapi usaha mereka sia-sia saja dan tak bisa mencetak satu pun gol balasan. Rumania akhirnya menang 3-0.

Jadwal Piala Euro 2024 – Matchday 1

Rabu, 19 Juni 2024
• 02.00 WIB – Portugal vs Rep. Ceko

Jadwal Pertandingan Euro 2024 – Matchday 2

Rabu, 19 Juni 2024
• 20.00 WIB – Kroasia vs Albania
• 23.00 WIB – Jerman vs Hungaria

READ  Hasil Euro 2024 3 July: Austria 1-2 Turki

Kamis, 20 Juni 2024
• 02.00 WIB – Skotlandia vs Swiss
• 20.00 WIB – Slovenia vs Serbia
• 23.00 WIB – Denmark vs Inggris

Jumat, 21 Juni 2024
• 02.00 WIB – Spanyol vs Italia
• 20.00 WIB – Slovakia vs Ukraina
• 23.00 WIB – Polandia vs Austria

Sabtu, 22 Juni 2024
• 02.00 WIB – Belanda vs Prancis
• 20.00 WIB – Georgia vs Rep. Ceko
• 23.00 WIB – Turki vs Portugal

Minggu, 23 Juni 2024
• 02.00 WIB – Belgia vs Romania

Jadwal Euro 2024 Jerman – Matchday 3

Senin, 24 Juni 2024
• 02.00 WIB – Swiss vs Jerman
• 02.00 WIB – Skotlandia vs Hungaria

Selasa, 25 Juni 2024
• 02.00 WIB – Albania vs Spanyol
• 02.00 WIB – Kroasia vs Italia
• 23.00 WIB – Prancis vs Polandia
• 23.00 WIB – Belanda vs Austria

Rabu, 26 Juni 2024
• 02.00 WIB – Denmark vs Serbia
• 02.00 WIB – Inggris vs Slovenia
• 23.00 WIB – Slovakia vs Romania
• 23.00 WIB – Ukraina vs Belgia

Kamis, 27 Juni 2024
• 02.00 WIB – Georgia vs Portugal
• 02.00 WIB – Rep. Ceko vs Turki

Drawing Fase Grup Euro 2024
• Grup A: Jerman, Skotlandia, Hungaria, Swiss
• Grup B: Spanyol, Kroasia, Italia, Albania
• Grup C: Slovenia, Denmark, Serbia, Inggris
• Grup D: Polandia, Belanda, Austria, Prancis
• Grup E: Belgia, Slovakia, Romania, Ukraina
• Grup F: Turki, Georgia, Portugal, Republik Ceko

Daftar Juara Euro

• 2020: Italia (1-1 vs Inggris, 3-2 adu penalti, London)
• 2016: Portugal (1-0 vs Prancis perpanjangan waktu, Saint-Denis)
• 2012: Spanyol (4-0 vs Italia, Kiev)
• 2008: Spanyol (1-0 vs Jerman, Wina)
• 2004: Yunani (1-0 vs Portugal, Lisbon)
• 2000: Prancis (2-1 vs Italia gol emas, Rotterdam)
• 1996: Jerman (2-1 vs Rep. Ceko gol emas, London)
• 1992: Denmark (2-0 vs Jerman, Gothenburg)
• 1988: Belanda (2-0 vs USSR, Munich)
• 1984: Prancis (2-0 vs Spanyol, Paris)
• 1980: Jerman Barat (2-1 vs Belgia, Roma)
• 1976: Cekoslovakia (2-2 vs Jerman Barat, 5-3 adu penalti, Belgrade)
• 1972: Jerman Barat (3-0 vs USSR, Brussels)
• 1968: Italia (2-0 vs Yugoslavia replay, Roma)
• 1964: Spanyol (2-1 vs USSR, Madrid)
• 1960: USSR (2-1 vs Yugoslavia perpanjangan waktu, Paris)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here