Profil dan Perjalanan Karir Indra Sjafri dalam Sepak Bola
Profil dan Perjalanan Karir Indra Sjafri dalam Sepak Bola

Indra Sjafri, seorang pelatih dan mantan pemain sepak bola Indonesia, lahir pada tanggal 2 Februari 1963. Ia telah menjabat sebagai pelatih tim nasional Indonesia di berbagai kategori usia, termasuk Indonesia U-12, U-17, U-19, dan U-22, serta pernah melatih klub Bali United. Pada bulan Februari 2020, ia diangkat sebagai Direktur Teknik PSSI.

Lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Indra Sjafri menikah dengan Temi Indrayani dan memiliki dua anak, Aryandra Andaru dan Diandra Aryandari. Sebelum terjun ke dunia kepelatihan sepak bola, ia bekerja sebagai karyawan di PT Pos Indonesia Padang.

Sebagai mantan pemain, Indra Sjafri pernah membela PSP Padang pada tahun 1980-an. Setelah pensiun, ia memilih menjadi pelatih, dan bahkan menangani PSP Padang sebagai pelatih. Karier kepelatihannya dimulai saat ia masih duduk di bangku SMA. Prestasinya terlihat saat ia berhasil membawa timnas junior Indonesia meraih juara pada turnamen sepak bola tingkat Asia, HKFA U-17 dan HKFA U-19 di Hongkong. Sebelum menangani timnas junior, ia juga menjadi instruktur dan pemandu bakat di PSSI.

READ  Strategi Penanganan Cedera dalam Sepak Bola Indonesia: Upaya Meningkatkan Kesehatan dan Kinerja Atlet

Pada 2013, Indra Sjafri membawa Timnas Indonesia U-19 menjadi juara Turnamen Kejuaraan Remaja U-19 AFF setelah mengalahkan Vietnam dalam adu penalti di final. Ini merupakan gelar pertama bagi Indonesia dalam 22 tahun terakhir di level Asia Tenggara. Kesuksesan ini meningkatkan reputasi Indra Sjafri di dunia sepak bola Indonesia.

Selain itu, ia membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke putaran final Kejuaraan U-19 AFC 2014 setelah mengalahkan Korea Selatan. Namun, ia kemudian dipecat oleh PSSI karena kegagalan timnas U-19 dalam mencapai target untuk melaju ke Piala Dunia U-20 FIFA 2015 di Selandia Baru. Namun, pada tahun 2023, ia sukses membawa Timnas Indonesia meraih medali emas SEA Games di Kamboja setelah menunggu selama 32 tahun.

Indra Sjafri telah menerima berbagai penghargaan, termasuk Antara Achievement Award 2013 dari LKBN Antara, Pelatih Terbaik dari Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan Tokoh Perubahan Republika 2013 bidang Olahraga Sepak Bola dari Republika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here